Iklan

Kiat Sukses Search Engine Marketing SEM Google Ads (Bagian 1)

Hai Loyalis. Jumpa lagi nih. Sesi Akademi 7ujuh kali ini akan membahas tentang kiat sukses Serch Engine Marketing (SEM) dalam hal ini kita fokus ke produk Google yakni Google Ads, wajah baru dari Google AdWords. Sudah tidak asing lagi dimata internet marketing. Dengan segala alat dan keistimewaan dari google Loyalis yang pengen mempromosikan produk atau jasa lewat online bisa diperhitungkan dengan media Google Ads yang menawarkan Pay Per Click (PPC) atau kata lainnya kita ngeluarin biaya setiap ada pengunjung di iklan kita.

 Di artikel kali ini aku akan bahas garis besar dari SEM lewat Google Ads, dan perlu dicatat bahwa SEM sendiri berbeda dengan SEO  (Search Engin Optimazion) walaupun secara garis besarnya sama-sama kita butuhkan untuk mengundang trafik situs yang ramai dan menciptakan leads untuk kita prospek kedepannya. Mari Kita Bahas Satu persatu yah Loyalis.

Kiat Suskses Search Engine Marketing SEM Google Ads


kiat sukses Search Engine Marketing SEM
Sumber Gambar: Dokumentasi pribadi

Banyak faktor yang mempengaruhi seukses tidaknya kita dalam berpromosi iklan terutama di Google Ads. Perlu Loyalis cermati untuk  bisa promosi di Google Ads, Loyalis kudu buat web sebagai media promosi, bisa yang gratisan atupun yang berbayar. Tentunya setiap pilihan ada kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Apa saja sih yang perlu disiapkan agar sukses SEM. Berikut yang perlu dipersiapkan:

1. Website Fast Loading dan SEO Friendly


Website sendiri desainnya macem-macem. Ada yang mini site, blog, atau yang lebih kompleks desainnya seperti e-commerce. entah itu gratisan seperti Blogspot, Wordpress, atau yang berbayar CMS Wordpress Self hosted, Presta Shop dan lain-lain. yang terpenting yaitu website yang Loyalis punya itu cepat loadingnya. Poin fital ini sangat berpengaruh dalam peringkat web di Google. Semakin ringan loadingnya semakin baik.

Nah, Bagaimana cara simpel saja untuk mengecek web itu loafdingnya cepetatau gak, karena aku akan bahas alat untuk tes performa web di artikel berikutnya. Coba tes url website Loyalis langsung di browser bagaimana loadingnya kalo cepet aman, kalo lambat ya perlu dibenahi lagi. Dan yang terpenting adalah website Loyalis mobile friendly, artinya website loyalis bisa menyesuaikan tampilan sesuai perangkat yang digunakan pengunjung web kita.

SEO Off Page atau menanamkan kata kunci di kode situs juga sangat berpengaruh bagi Loyalis yang pengen meningkatkan trafik di webnya. Biasanya terletak di meta tag html web.

Nah disini sebenarnya bassic banget walaupun gak harus memiliki kemampuan tekhnis mengetaui struktur web seperti HTML, CSS, Java Script, PHP, MySQL dan bahasa pemograman lain, setidaknya Loyalis tahu dasar pengetahuan anatomi web itu sendiri. kalo bingung dan bermodal cukup Loyalis bisa tanya atau cari jasa web programing, gak usah pusing-pusing mikir kode tinggal pake sesuai keinginan kita.
Web yang cepat loadingnya, mobile friendly dan sedikit dasar kemampuan SEO Off Page, Merupakan Pondasi Utama SEM Google Ads

2. Pilih Kata Kunci yang Tepat Sesuai Produk atau Jasa


Poin penting SEM Google Ads yakni pemilihan kata kunci yang sesuai dengan produk atau jasa yang Loyalis tawarkan. Sampai disini pasti Loaylis bertanya-tanya, "Gimana sih caranya memilih kata kunci yang baik untuk SEM?".

Aku saat pertama kali terjun di dunia peronlinan sempet bingung juga gimana nih caranya memilih kata kunci yang baik buat iklanku. Uda tanya Mbah google sampe kesasar-sasar kok masih banyak yang kurang gimana gitu rasanya. Banyak pakar SEO kalo kita cari di Google pasti nyaranin alat ini, alat itu untuk cari kata kunci yang baik dan benar.

Apakah itu salah?

Tidak.

Banyak alat yang bisa digunakan untuk cari kata kunci utama dan turunannya. Tak jarang dengan banyaknya kata kunci malah bikin Loyalis GEGANA (Gundah, Galau, Merana) saking banyaknya pilihan mau pilih yang mana. Kalo milih Cewe yang mana mah enak keles yak.. 😋😁😁😂

Sstttt becanda Lho jangan dilaporin istriku. 😋😋😋

Tidak salah kok cari referensi kata kunci dari alat apapun. Tapi, untuk sukses di SEM Google Ads pake alat Keyword Planner dari Google. Pasti Loyalis udah tau yah Keyword Planner Google Ads. Itu cara ampuh dan gak muter-muter kalo pengen cari kata kunci yang tepat untuk SEM Google Ads. Kenapa musti itu karena tolak ukur kita ya data tentang keyword yang kita bidik untuk iklan kita di google.

"Kalo pake Ubbersuggest apa gak bisa, BroTam?"

Bisa, pake alat lain pun bisa, kembali lagi kita nyari kata kunci disini untuk SEM bukan SEO semata ya.

"Terus cara gunainnya untuk nyari kata kunci yang pas sesuai Produk atau Jasa kita, BroTam?"

Pikirin 2 (dua) kata kunci yang menggambarkan produk atau jasa yang Loyalis tawarkan. ingat dua kata ya...

Misal Loyalis pengen jualan bawang hitam tunggal merk Ashfal nih. Dua kata kunci yang menggambarkan produk tersebut sperti ini gambarannya:

Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi

Kata pertama dan kedua merupakan kata kunci utama. Kata kunci yang ketiga dan keempat merupakan turunan dari gambaran jenis produk dan merk produk. Jadi yang kita gunakan acuannya dua kat kunci pertama dan kedua, sisanya disipi kata di belakang atau di depannya merupakan turunan-turunannya yang penting juga untuk SEM

Lain waktu akan aku buatin sendiri artikel tentang pemilihan Keyword yang tepat untuk SEM. Intinya kalo kita mau milih kata kunci yang tepat risetlah pake Keyword Planner Google Ads, cari dua kata kunci utama yang menggambarkan produk atau jasa yang Loyalis tawarkan dan riset seberapa besar volume penelusuran kata kunci utama dan kata kunci turunan.

Pake Alat Keyword Planner dari Google Ads, Gambarkan produk atau Jasa Loyalis dalam Dua Kata sebagai Kata Kunci Utama, Kemudia Riset seberapa banyak yang mencari dari kata kunci utama dan kata kunci turunan.

Bersambung  ke Bagian Ke 2....

LihatTutupKomentar

Iklan