Iklan

Long way to the beach (bandengan)



Long way to the beach (bandengan)



Alhadulillah sampai juga pada kesimpulan untuk mengadakan pergi bersama ke Bandengan Jepara, setelah sekian lama tertunda karena faktor X.

Tepat tanggal 10 maret 2013, semua kepengurusan siap berangkat menuju pantai bandengan. Dalam data yang aku pegang baru 20 anak yang positif udah mbayar iuran. Ngelu ning sirah. .

Padahal jumah anak keseluruhan yang pengen ikut rencana 80 %, dari data kelas yang jumlah mahasiswanya 40 anak hanya setengah persennya yang ikut.

Lha iki piye jal.....????!!!

Gumamku waktu itu. Aku memang disuport penuh oleh ervan untuk tetap berangkat, yah walaupun kalo aku liat data yang udah positif ikut miris juga. Yah setelah para gembel juga mendukung acara  ini aku mikir-mkir. Alhamdulillah dari para tekuner karena kebetulan ada tiga kelompok dalam gerombolan Angkatan Tenang 2011: Gembel, tekun, borjuis.

Yah itu hanya pengibaratan kelompok saja dan alhamdulillah bisa guyub juga berkat kekentiranku telanjang didepan mereka. :D

Untung mereka sadar memilih komting gila seperti aku. Udah jarang 
berangkat, mengulang mata kuliah agama pula. Haha....

Grup gembel berisikan para pengisi bangku belakang yang gegernya minta ampyuuuuuuuun deh naudzubillahi min dzalik. Dan didalamnya itu adalah aku.hehe...

Lha grup tekun berisikan yang setiap mata kuliah selalu aktif dan memberi contonan kalo ada kerjaan tugas. Bisa dikatakan kasta paling mengenaskan karena selalu dikibuli gembel  untuk nggarapin tugas. Dan itu sudah terjadi berabad-abad silam, sebelum masa purba. Untungnya mereka memahami para gembel yang slalu minta susu dan tetek bengeknya.

Borjuis merupakan kelompok yang paling mentereng, yang sibuk dengan kerja yah walaupun jarang aktif mereka pastinya juga angkatan tenang juga dan untungnya grup tekun juga memahami walaupun sering, saat tugas membrondong mereka menyuruh kelompok tekun untuk mengerjakan dan imbalannya hanya omongan “garapno ya... ngko totalane gampang.....” dan akhirnya setelah tekun mulai mengerjakan dengan penuh darah dan luka di badannya dan imbalan yang mereka dapat hanya “Gampang” dan tekuners pun menerima.

Yah walaupun begitu juga semua satu kesatuan. Begitulah kira=kira keunikan dalam suatu organisasi. Aku juga maklum untuk itu. Dan semua saling menyadari.

Setelah aku kantongi 80 % suara pemilihan tenanger, aku coba nih spekulasi untuk motoran bareng ke jepara. Kesepakatann yang wanita naik mobilnya rama, biar gak ada resiko. Dan rama pun sanggup.

Setelah waktu berjalan alot dan persiapan sudah siap untuk berangkat minggu pagi start jm 6 pagi kumpul di kampus. Mendadak rama kasih kabar kalo mobilnya macet. Mati aku pikirku waktu itu. Mendung yang menyeruak langit waktu itu belum lagi amunisi makanan dan juga berbagai keperluan disana apa kudu di junjung motoran dengan jarak yang cukup manaske bokong.??? harus siap pampers mami poko deh.hmmmmmm......

Aku stay di rumahnya anis yang deket dengan jalan raya kaligawe pantura. Memang aku serahkan ervan untuk kordinator temen-temen yang berangkat dan ngumpul di kampus. Karena rumahku yang berada di semarang timur bates demak yah aku nunggu di rumahnya anis sekalian mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan untuk piknik. Dan dapat kabar pula temen-temen yang ikut bertambah kira-kira 30 an anak. Haaaaaa......??!!!! gila........????!!! uang yang masuk hanya untuk 20 anak yang ikut 30 anak. Mampus dah.... tapi alhamdulillahe snack makanan udah aku sisa menjadi 30 anak. Cukuplah pikirku dan kurangan iurane bisa di tariki disana.

Panik dan juga gak pasti membuat temen-temen yang menunggu di kampus gusar. Dengan menahan lapar karena pagi-pagi buta udah nyampe kampus. Kepastian berangkat nunggu rama yang lagi ngambil mobil cadangan buat ngangkut amunisi. Untungnya mereka semua gak nekad ngamen di trotoar untuk meminta sumbangan makanan, aku gak bisa membayangkan kalo hal itu terjadi.

Rencana awal jam 6 pagi berangkat molor sampai jm 7.30 baru berangkat. Dan setelah siap aku menunggu di rumahnya anis. Temen-temen pun sudah nyampai di situ barang-barang pun di masukan kedalam mobil dan aku masih menunggu karena ada laporan katanya  ada yang ketinggalan etik dan supri yang katanya berangkat duluan.

Hufth...... tak telpon berulang kali gak ada jawaban katanya gak tau jalan pula. Hufthhhh....

Temen-temen tak suruh berangkat duluan aja biar aku yang nunggu di belakang sama amenk, ades sama topik. Kalutnya aku diimbangi ma topik utungnya. Setelah telpon diaangkat dia tak suruh berhenti kataya uda sampai di daerah nggorawe dekat sayung demak.dengan sedikit umpatan akhirnya aku suruh dia berhenti disitu sambil menungguku karena temen-temen semua udah pada berangkat duluan.

Setengah ngebut aku ma ades, amenk topik ngebut kendaraan dan akhirnya ketemu juga di daerah nggorawe sambil temen-temen yang lain  aku aba-abain semua untuk lanjutin perjalanan dan istirahat sebentar di pom karena ada temen yang lagi mau ngisi bensin. Sekalian deh aku aba-aba semua yang belum isi full bensin aku suruh isi full. Njagani perjalanan jauh di pom benin daerah mbuyaran dekat alun-alun demak. Semua udah pada ngisi dan bersiap berangkat.ada sedikit masalah ma anam yang lagi ngisi udara ban depan. Tak tungguin dan stelah semua siap dan aku tanya anam yang kebetulan mboncengin lila bilang siap aku berangkat paling depan anak-anak yang lain di bawah komando ervan tak suruh berangkat duluan dan aku paling belakang njagani temen-temen yang lain biar selamat sampe bandengan.

Setelah aku berangkat pelan-pelan aku diteriaki magi yang kebetulan ikut aku paling belakang kalo anam masih di pom tadi berangkat tapi balik lagi katanya mau isi udara lagi. Alamak..........

Tak suruh berhenti bentar di jalur sepeda motor dekat jalan lingkar demak kudus. Aku aku magi, amenk, tisna, okto, anis, ades dan juga topik menunggu anam dan aku berjaga di jalur mobil njagani nek kalo anam belok lewat jalan lingkar.

Lama banget aku disitu nunggu anam sampe ubanan ni rambut kayak kisah sunan kali jogo yang menjaga tongkat sunan bonang dikali. Dan aku menunggu di jalan raya yang puanas berdebu dengan logat gelandangan sempat kepikiran untuk ngemis tapi aku urungkan.

Setelah lama gak datang-datang aku menghampiri lagi temen-temenku yang di jalur motor. Eh pas wayah itu anam dengan santainya lewat berlalu saja lurus menuju  alun-alun demak dengan santainya tidak lewat jalur sepeda motor malah lewat jalur mobil.hufth aku bergegas unuk mengejarnya biar gak kena polisi dia ntar... padatnya dijalur sepeda motor membuatku agak sedikit bersabar untuk mengingatkan anam jalur yang dilaluinya salah dan aku hanya bisa berdo’a moga-moga polisi demak gak liat dan setelah aku coba kejar dia dan dapat menemukannya didekat alun-alun demak dia berhenti tak kira menungguku eh didepannya ternyata ada polisi lalulintas yang mencegatnya karena melanggar jalur. Dan alhmdulillah anam dengan logat tenangnya dia gak bawa STNK dan juga SIM.

Walah........................................................ piye to naaaaaaaaaammmm............ nammmmmmmmmmmmmmm...........?????!!!!!


Dengan logat yang entah berantah, anam ngikut aja ma polisi. Lila yang boncengan ma anam tak  suruh ngadem dulu di pas alun-alun ada tenda bekas kaki lima aku amenk, topik ma rudi ketemu ari ma yoyok. Mereka semua maksa ninggal anam, ya aku gak mau. Seneng bareng ya susah bareng pikirku. Terus ada yang ngasih saran buat ninggal motornya anam, anam disusulin temen-temen. Ora masuk meneh. Lha sesuk kerjone anam nganggo opo jal?
Hmmmmmmmm............

Pokoknya motor harus kelur bagaimanapun caranya.

Aku telpon anam buat nego sendiri dulu. Polisinya mau damai dengan uang 200 ribu.

WOOOOOOW........!!!

Yah karena gelandangan aku gak ada uang segitu. Sisa uang juga di bawa anis ma abi yang bertugas sebagai bendahara yang aku suruh duluan nyusul temen-temen yang udah nunggu di welahan demak.

Rasanya mau bunuh diri waktu itu. Tak ku duga jalan menuju bandengan begitu jauhnya. Mungkin kalo ada Doraemon aku minta tolong pintu ajaibnya saja biar langsung nyampe bandengan. Sayangnya Doraemon adanya di RCTI. Kalo pun ada di di semarang itupun ada Doraemon perusahaan kuras WC.

Yah terpaksa deh
“pik, ikut aku jemput anam di pos deket terminal demak.” Teriakku ma topik kayak sopir bus.
“ “yo. Duite.?” Jawab topik
“urunan... penting di nego dulu polisinya nek kepepet ya urunan” sahutku mantap.

Sesampainya di pos polisi anam gak ada. Pikirku dia di ajak selingkuh ma polisi diajak chek in. Aku telpon anam. Selang beberapa detik kemudian diangkat juga telponku.
“nam, kowe ning ndi cuk, aku wis ning pos polisi lho, cedak terminal to?” tanyaku dengan keras.
“iyo ndan, ki aku gek mangan.” Jawab anam.
“heeeeeeeeeeee.........??????!!!!! MANGAAAAAAAAN>>>>>??????!!!! Malah mangan, lha urusane motomu piye??????!!!!! Konco-koncomu d nekoke kowe..... rene ning pos.” Gertakku jengkel.

Tak selang lama, anam menuu ke pos polisi dan dengan wajah memelas
“piye ki ndan?” tanya anam
“lha, kowe kok sempet-sempete mangan ki lho. Konco-koncomu do bingung kok malah manga....ki urusane genahe piye, motor iso metu?”. Sahut topik.
“200” anam singkat menjawab.

Sempet aku lihat wajah geram topik yang jengkel anget ma anam. Dengan kepalan tangan yang siap nyium pipi anam. T tahan tubuhnya kayak adegan drama korea.
Yah,,, drama korea. Andai saja topik wanita waktu itu. Pasti ku thana dengan mesra. Hahaha.....

“piye to nam-nam...wis ngerti nek lungo adoh yo kok gak gowo STNK karo SIM, malah lewat jalur mobil.” Grutu topik jengkel.

Sebelum pertengkaran meluas menjadi pembunuhan masal akhirnya aku ambil jalan tengah.
“wis saiki ngene nego a polisine. Jak damai piro njaluke.” Tegasku
Akhirnya aku, topik, anam nego pakpolisi dengan wajah sendu menghru biru, dan jawabannya masih tetap 200 ribu motor bisa keluar. Aku diam sejenak sambil menyulut sebatang rokok biar sedikit netral keadaan. Tak ajak duduk topik sama anam di sebelah kantor pos
“entoke duitmu kabeh. Kowe gowo piro nam?” sahutku teang.
“50 tok ndan.” Sambil mengeluarkan seisi dompetnya
“Pik, piro duitmu?” tanyaku mengarahke topik.
“50” sambil mengeluarkan uang dari dompetnya.
“aku yo podo. 50.” Sahutku sambil ngambil uang dari dompetku.

Maklumlah mahaia gitu lho. Uang hudhmulai menipis sebelum tengah bulan aku di jatah lagi ma ortu.
“nego mneh polisine.” Aku pun hendak bergegas, hape di sakuku bergetar.
er van menelponku, mennyakan kejadian anam. Yah aku hanya bilang gak papa, ni juga mau jalan tenang saja tak suruh berangkat dulu kaihan temen-temen yang lain udah pada nunggu.
Yang nego akhirnya topik ma anam menghadap pak polisis yang kelihatannya masih muda juga.

Aku lanjutin bcara ma ervan by phone. Kata-kata singkat yang membuat aku terkejut.
“ndan, nek urusan anam gak iso di urus, yo ki cah-cah yo ara mangkat ndan.mangkat siji mangkat  kabeh. Ora siji ora kabeh. Sakit satu sakit semua.”

Nangis aku dengar itu. Tak mengira tak menyangka solider merka hebat juga setelah aku pernah gertak mundur dari ketua kelas. Yah mau gak mau harus keluar motor anam.

Anam kembali dengan topik engan murung
“tetep 200 ndan.” Sahut anam.
“kowe nduwe duit neh ra?” tanyaku ke anam.
“ora ndan” sambil lemas.

Hufth....piye ki cah. Aku ambil inisiatif untuk nyuruh topik mnjem uang temen-temen yang nunggu di alun-alun demak.
“pik k mergo cah-cah tetp ngenteni dewe. Nyileh duite cah-cah sing nunggu ning alun-alun” kataku
“siap..” topik bergegas menghampiri anak-anak.

Disela-sela menunggu topik kembali ke pos. Aku di telpon lagi ma anam. Urusan anam sudah selesai apa belum, dan aku menjawab sudah biar pada gak kelamaan menungguku ma rombongan yang di belakang. Tetepn kekeh menunggu aku ma temen-temen serombongan yang tertinggal. Entah karena setan atau jin, ana bilang ma aku.
“dan ATM HSBC iso digunake njipuk duit ning ATM BRI ra?” tanya anam
“yo, isolah.” Jawabku tenang sekenanya.
“alo  gitu tak coba njipuk duit gajianku sing tak tabung yo ndan. Nggo nambeli iki.”

WHAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAATTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTT................................................????????????????????????????????????????!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
KOK ORA AWET MAU TO NAAAAAAAAAAAAMMMMMMMMMMMMMM...NAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAM... ngerti nek nduwe duit kok yo mang mbuwak wektu koyok ngene. Sekarang juga kan jaman ATM bersama. Mau ngambil di ATM Bank yang berbedapun bisa. Nek chek in bersama gek gak bisa.
Ckckckck......

“walah ndang ngambil son. Topik tak bele nek ra sido.”
Saat anam berjalan ke ATM BRI yang tak jauh dari pos polisi. Aku telpon topik bicara kalo udah ada uangnya dari ATM miliknya anam. Eh, ternyata topik pun udah deket lokasi pos membawa uang kurangan buat nebus motor.

Hadeeeeeeeeeehhhhh........ akhirnya motor anam pun bisa keluar, lila yang boncengan ma gak mau lagi dia. Pengen bareng amenk yang waktu itu boncengan ma aku. Yah ketua bos, aku ngalahi akhirnya demi perdamaian dunia.

Smpai de welahan, semua rombongan kembali utuh dengan formasi 4-3-3 tiki taka genk motor siap menggempur bandengan dengan kecepatan full. Waktu itu pukul 10 pagi, mentari terik menyengat walaupun agak sedikit mendung. Sesampainya di daerah jepara okto ma anis minta di tunggu sebentar buat ngii bensi. Hmmmmmm................... lha mau po ora di isi full to cah bagussss..................????!!!!!!!! wektune lho,,,ngko tekan kono jam piroooooooooooooooo.....???????????????

Aku di tenangkan topik yang sabar meredamkan emosiku.

“akkhirnya rombongan berangkat. Menjelang bandengan beach hujan tak disangka turun dengan lebatnya, ada yang berhenti nyari tempat berteduh, aku anam ngejar  topik yang ngejar etik ma supri yang katanya gak tau jalan angger teko mablas ndisiki. Celakanya lagi banyak rombongan yang entah keman. Topik ades, supri ma etik gak ketauan jejaknya dimana. Dan aku ma anam akhrinya NYASAR......!


Karna gak tau jalan aku putuskan untuk berhenti tanya  penduduk sekitar arah bandengan beach dan ternyata benar. Aku sudah kelewatan jauh dan kembali ke arah kota.
Huffffftttttttthhhhhhh...........................
Dan setelah kembalinya ke jalan yang benar menuju bandengan akhirnya aku melihat tulisan beesar  “PANTAI BANDENGAN”


Aku sempat gak percaya setelah tadi tangisan darah aku melihat  pantai bandengan yang aku impi-impikan sejak jaman purba dulu.
Sesampainya disana diparkiran aku. Snack makanan dibagikan dan alhamdulillah kurang. Anak yang ikut jumlahnya 35 orang. Uang udah habis dan ada tambahan orang yang iuran hanya 4 orang. Yah begitulah selayang pandang tentang
Long way to the bandengan beach

Ngelu ning sirah......


wis ki postingan terkir. laptope meh di gowo sing due.. aku tak caw,,, ke banyuwangi dulu....


bye..bye......
LihatTutupKomentar

Iklan