Iklan

Bisnis Online








Komunikasi dalam bisnis yang baik merupakan salah satu kunci sukses atau tidaknya sebuah bisnis. Kinerjanya sama dengan orang yang lagi pacaran, asalkan pacarannya sama manusia..

:D




Menjamurnya media sosial seperti Facebook dan Twitter membuat pola komunikasi semua penduduk bumi mulai mengalami perubahan drastis, didukung searang semua mulai melek tekhnologi dan murahnya akses internet yang membuat jarak dan ruang, waktu menjadi tak bermasalah. sekarang memasuki era informasi dan jaringan. Nah banyaknya pengguna merupakan pasar yang menggiurkan pula, makanya sekarang para pencari uang lewat media online disebut dengan Internet Marketer. dan salah satu bidang yang mengkhususkan diri dan komunitasnya sudah banyak peminatnya adalah SEO (Search Engine Optimization). Kemarin juga sempet ketemu dengan penggiat SEO semarang Mas Rizal, Maz Wahid yang T.O.P B.G.T deh.





Perlu Loyalis Ketahui, SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu metode pemasaran online yang masih menjadi perhatian hingga sekarang. Pada dasarnya SEO membuat mesin pencari seperti Google lebih mudah untuk mengindeks website kita. Pada artikel ini kita akan membahas teknik dasar dari SEO dan mengaplikasikannya kedalam toko online Loyalis.




Namun sebelum kita mulai Ada baiknya Loyalis tahu bahwa Google memiliki 200 variabel yang biasa disebut sebagai: search signals untuk menentukan posisi website Loyalis di halaman hasil pencarian mereka. ke-200 signal ini memberikan semacam “bobot” atau penilaian kepada website Loyalis dan berdasarkan penilaian tersebut, Google mengambil keputusan apakah website dimana posisi website Loyalis terhadap kompetitor Loyalis terhadap suatu kata kunci. Sementara yang Aku jabarkan disini hanya sebagian kecil search signals yang akan dibaca oleh Google. Intinya adalah: mengaplikasikan teknik dasar SEO berikut ini TIDAK MENJAMIN website Loyalis akan muncul di halaman pertama (atau kedua) Google. Namun tetap akan membantu Loyalis menjaring target pasar yang sesuai. Bukan Hanya mencari jodoh dan beralay ria di jejaring sosial.hehe..







SEO pada dasarnya terbagi menjadi 2 bagian besar: on-page SEO dan off-page SEO. Perbedaannya adalah:



On-page SEO

Adalah teknik SEO yang mengoptimalkan halaman website kita sendiri sehingga membuatnya menjadi mudah untuk diindeks oleh Google atau sering disebut halaman web yang Google Friendly. Teknik ini banyak membahas bagaimana mengaplikasikan kata kunci yang tepat kedalam website Loyalis. Walaupun konon kabarnya On-page SEO memiliki bobot tidak sebesar Off-page SEO namun tidak ada salahnya Loyalis menguasai terlebih dahulu teknik dasar ini.
Off-page SEO

Adalah sebuah teknik untuk membuat website lain membantu kita dalam mendapatkan bobot nilai halaman web yang lebih baik di Google. Google menilai penting atau tidaknya sebuah halaman web dari banyaknya link yang mengarah kembali ke halaman tersebut. Semakin banyak dan semakin berbobot website yang mengarah balik ke Loyalis, semakin baguns peringkat Loyalis di Google. Google menyebut metode penilaian seperti ini dengan: Page Rank (dari nama salah satu pendirinya: Larry Page.)Artikel ini hanya akan membahas teknik dasar On-page SEO.



Nah, setelah aku membaca buku The Power Of Kepepet karya Mas J. Aku tertarik banget mencoba dan belajar untuk tidak menjadi "Tekhnisi Karatan". Aku juga udah memiliki akun di yukbisnis.com yang didirikan Mas J. walaupun masih bingung mau jual apa. Mau jual harga diri juga gak ada yang mau... hehe..




Lanjut, Aku tertarik untuk mempelajari sistemnya dulu, ini men gambil contoh kecil dari toko online Yukbisnis.com. Hampir mirip dengan situs-situs jual beli online lain. Yang ingin aku tekankan disini adalah esensi cara mengoptimalkan Toko Online sebagai contoh kecil dari situs yukbisnis.com




Untuk toko online seperti YukBisnis, pada dasarnya ada 2 jenis halaman yang harus Loyalis perhatikan: halaman toko online dan halaman produk. Ini detail dari keduanya:



Halaman Toko Online: Agar bisa menerapkan apa yang Loyalis baca disini, Loyalis dapat login, klik “Bisnisku,” lalu klik “Pengaturan” dari menu disebelah kiri. Loyalis akan melihat halaman seperti ini:
 

Halaman Produk: Tidak jauh berbeda dengan Halaman Toko Online, Loyalis dapat menuju kehalaman untuk menambah produk dengan meng-klik “Bisnisku,” lalu klik “Katalog” pada menu disebelah kiri. Klik “Tambah Produk” pada menu dibagian atas di halaman katalog. Loyalis akan menjumpai tampilan yang tidak jauh berbeda. Tugas Loyalis selanjutnya adalah sederhana. Loyalis tinggal mengoptimalkan kata kunci pada beberapa kolom yang sudah tersedia di kedua halaman tersebut diatas. Loyalis sudah siap? Mari kita mulai.



1. Menentukan Kata Kunci Yang Sesuai Untuk Bisnis Loyalis

Setiap bisnis memiliki nilai jual masing-masing. Tugas Loyalis adalah menemukan nilai jual yang unik dari bisnis Loyalis dan menentukan kata kunci yang cocok untuk Loyalis berdasarkan nilai jual yang unik tersebut. SEO adalah program jangka panjang, Loyalis mungkin harus bereksperimen dengan berbagai variasi kata kunci hingga Loyalis menemukan kata kunci yang paling sesuai untuk toko online Loyalis. Jangan harapkan hasil satu malam untuk suatu kata kunci.

Setelah Loyalis menemukan kata kunci yang sesuai, cek apakah kata kunci tersebut sering digunakan oleh target pasar Loyalis. Loyalis bisa menggunakan beberapa aplikasi kata kunci gratis yang banyak tersedia di internet. Kata kunci ini akan Loyalis gunakan untuk bagian meta title dan meta description yang akan kita bahas setelah ini.



2. Nama Bisnis, Nama Produk Dan Meta Title


Judul adalah hal pertama dan salah satu elemen terpenting yang akan diindeks oleh Google. Ada 2 jenis judul yang akan ada disemua halaman toko online Loyalis:
  • Judul Utama adalah judul yang dapat Loyalis lihat dengan mudah dihalaman bisnis/ produk. Judul utama akan berdampak ke URL atau halaman website Loyalis. Untuk halaman toko online Loyalis, judul utama adalah apa yang Loyalis tulis di kolom “Nama Bisnis” pada menu pengaturan sesuai gambar diatas. Untuk halaman produk, judul utama adalah apa yang Loyalis isi pada kolom “Nama Produk.”
  • Meta Title adalah apa yang dilihat oleh Google. Cara paling mudah melihat Meta Title Anda adalah melalui bagian atas browser Anda. Perhatikan gambar dibawah ini:









3. Deskripsi Dan Meta Description

Sama seperti layaknya judul, deskripsi adalah penjelasan bisnis atau produk Loyalis, sedangkan Meta Description Adalah deskripsi yang bertujuan agar Google mudah meng-indeks deskripsi produk atau bisnis Loyalis. Loyalis akan menemukan kolom untuk Meta Title dan Meta Description pada bagian bawah halaman bisnis dan halaman produk Loyalis. Kolomnya akan terlihat seperti ini:






4. Optimasi Toko Online



Setelah Loyalis paham ketiga elemen dasar tersebut, berikut ini adalah beberapa point optimasi yang dapat Loyalis lakukan:
  • Selalu tuliskan kata kunci pada bagian awal kalimat.

Tuliskan kata kunci pada bagian Meta Title paling tidak SATU KALI pada bagian awal. Sebagai contoh: jika kata kunci Loyalis: “Aksesoris iPad” maka format penulisan Meta Title yang baik adalah: “Aksesoris iPad | [Nama Toko atau merek]. Jadi jika nama toko Anda: “Juragan Aksesoris,” Maka rekomendasi Meta Title untuk toko online Loyalis adalah: “Aksesoris iPad | Juragan Aksesoris.”
  • Tuliskan kata kunci secara menonjol pada awal deskripsi produk atau toko online.

Loyalis dapat menuliskan kata kunci hingga 2-3 kali jika deskripsi produk Loyalis cukup panjang.
Jika memungkinkan, tuliskan kata kunci paling tidak SATU KALI pada URL.  

  • Tuliskan kata kunci SATU KALI pada bagian awal Meta Description.  

Walaupun konon kabarnya hal ini tidak mempengaruhi peringkat Loyalis di Google, namun memiliki Meta Description Yang baik, akan lebih menarik orang lain untuk meng-klik toko Loyalis. Hal ini juga akan membantu jika Loyalis menggunakan Facebook untuk mempromosikan produk Loyalis.

  • Tuliskan kata kunci Loyalis didalam nama file foto yang akan Loyalis upload ke toko online Loyalis. 

Contoh nama yang tidak baik: 112gjah.jpg. Editlah namanya sehingga menjadi mudah dibaca seperti: aksesoris-ipad-cover.jpg.
Setelah beberapa waktu, lihatlah hasilnya. Apakah Loyalis membidik target pasar yang tepat? Jika Loyalis merasa belum, ulangi lagi eksperimen Loyalis.



5. Beberapa Hal Yang Harus Loyalis Hindari


Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Loyalis hindari dalam mengoptimalkan toko online Loyalis:
  • Menulis deskripsi untuk Google. 

Ini adalah kejadian yang umum sekali terjadi. Seringkali kita temukan deskripsi produk yang sulit sekali kita mengerti apa maksudnya. Hal ini karena sang pemilik toko ingin agar toko online-nya mudah diindeks oleh Google sehingga tidak memperdulikan struktur kosa kata bahasa Indonesia yang benar. Tulislah untuk manusia, untuk pembeli Loyalis. Setelah Loyalis membuat deskripsi yang menjual, Loyalis baru dapat mengoptimasi deskripsi Loyalis agar tetap memiliki komposisi kata kunci yang seimbang.
  • Memenuhi toko online Loyalis dengan kata kunci. 

Tingkat kepadatan kata kunci tidak berpengaruh besar terhadap hasil pencarian. Sebaliknya, memenuhi toko online Loyalis dengan kata kunci akan membuka peluang toko online Loyalis tersingkir dari Google.
Tidak sabar. Seperti yang saya tulis diatas, jangan mengharapkan hasil optimasi Loyalis akan muncul dalam satu malam.
  • Hanya mengandalkan SEO. 

Ini juga sangat umum terjadi. SEO adalah BAGIAN DARI PEMASARAN ONLINE. Banyak teknik pemasaran lain yang tetap harus Loyalis jalankan meskipun website Loyalis muncul di peringkat pertama hasil pencarian di Google agar bisnis Loyalis bisa melesat.
  • Tidak fokus. 

Loyalis tidak akan bisa muncul di Google dalam semua kategori, kata kunci yang Loyalis pilih harus fokus ke target pasar yang menurut Loyalis akan langsung tertarik dengan produk Loyalis.
  • Mengutamakan Merek. 

Merek atau brand memang penting dalam bisnis. Namun jika merek Loyalis belum banyak dicari oleh orang lain, jangan letakkan merek atau nama toko Loyalis sebelum kata kunci yang Loyalis tuju. Banyak tempat untuk memperlihatkan merek Loyalis seperti di profile picture.




Tekhnik dasar itu adalah besic yang diturunkan dari Raden Kian santang yang kelihatan banget kalo aku bo'ong.
hahaha.......

Yang perlu di cermati memang pada letak konten dan kata kunci. Itu juga berpengaruh juga dalam bisnis yang konvensional. Tidak lupa prinsip dasar jualan dengan hargga yang murah, produk yang dikemas secara menarik, dan juga tempat atau target pasar kita menjadi kunci utama yang juga harus Loyalis sematkan dalam analisa Loyalis.

Bisnis Online disini hanya sebagai media komunikasi Loyalis, Kalo dalam ilmu manajemennya adalah Promotion yang erat dengan komunikasi.

Fenomena yang terjadi sekarang ini layaknya harus kita analisa terus agar kita juga selalu update dan tidak menjadi tekhnisi karatan, tanpa meninggalkan kaedah utama dalam berbisnis. Saling menguntungkan dan utamakan itegritas...

7ujuh......



Muhammad Arif Tamami
LihatTutupKomentar

Iklan